10 Peluang Bisnis Libur Natal & Tahun Baru

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

10 Peluang Bisnis Libur Natal & Tahun Baru

Natal menjadi momentum yang sangat spesial khususnya bagi umat Katolik dan Kristen. Apalagi momennya yang selalu berdekatan dengan Tahun Baru, membuat perayaan Natal terasa lebih meriah di mana-mana. Nah, kali ini SentraBilling akan paparkan 10 ide peluang bisnis, yang berpotensi meraup pasar dan untung kala liburan tiba.

1. Bisnis Kue

Di hari Natal, orang-orang akan mengunjungi kerabat dan sahabat yang merayakannya. Tentu hal ini tak akan lengkap rasanya jika tidak ada kue untuk dinikmati bersama. Makanya, bisnis kue di hari Natal akan laris manis. Untuk kamu yang hobi membuat kue kamu bisa mencoba bisnis ini. Kesempatan ini merupakan peluang untuk menyalurkan kreativitas sekaligus mendapat uang tambahan. Kamu bisa membuat kue kering sesuai dengan keinginan, membuat kue-kue Natal klasik seperti nastar, atau membuat kreasi baru dengan resep kamu sendiri.

2. Bisnis Parsel Natal

Momen Natal dan Tahun Baru biasanya tak lepas dengan kesan untuk saling berbagi dan memberi. Sebagaimana saat lebaran, banyak orang yang mengirimkan parsel untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis parsel di akhir tahun, untuk meraup keuntungan berlipat ganda dan menambah pundi penghasilanmu. Parsel dapat berisi makanan dan minuman ringan, buah-buahan, maupun alat kebutuhan rumah tangga. Ciptakan kemasan dan susunan isi parsel semenarik dan sekreatif mungkin. Agar banyak yang suka dan membeli parsel darimu.

3. Menjual Kembang Api dan Terompet

Natal dan Tahun Baru makin semarak dengan terompet dan kembang api. Manfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis kembang api dan terompet. Kamu bisa bekerja sama dengan para distributor dan juga supplier yang menjual secara grosir.

4. Bisnis Dekorasi

Karena Natal dan Tahun Baru identik dengan perayaan, tidak harus perayaan yang besar dan mewah, karena yang terpenting adalah momen kebersamaannya. Tawarkan jasa dekorasi Natal dan Tahun Baru untuk mereka yang merayakan. Jasa ini akan semakin banyak diminati karena tidak semua orang punya waktu dan tenaga yang cukup untuk mendekorasi semua hiasan Natalnya.

5. Kerajinan Tangan dan Pernak Pernik Natal

Untuk kamu yang memiliki kreatifitas kerajinan tangan, bisa melakukan bisnis ini. Tak jarang orang-orang yang merayakan natal memasang pohon Natal di ruang keluarga dan menyusun serta menghias pohon natal bersama anggota keluarga atau kerabat dekat. Buatlah inovasi dan kreatifitas kerajinan tangan dan pernak pernik untuk hiasan pohon Natal dan dekorasi hari Natal. Kamu juga bisa berinovasi membuat souvenir untuk Natal dan Tahun Baru.

6. Bisnis Katering

Bisnis katering juga laris manis menjelang Natal. Percaya atau tidak rata-rata orang lebih suka membeli masakan yang siap saji dan siap untuk dihidangkan pada perayaan Natal. Kamu yang senang memasak dan memiliki kreasi dalam urusan tata boga, usaha katering bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang bisa mempertebal dompetmu. Manfaatkan talenta memasakmu, apalagi jika kamu sudah dikenal oleh orang-orang terdekat dengan kemampuanmu dalam mengolah bahan makanan menjadi sebuah kreasi dapur yang membuat air liur tak tertahankan dan ingin mencoba masakanmu.

7. Bisnis Penginapan

Liburan Natal dan Tahun Baru biasanya berlangsung sekitar semingguan. Momen ini dapat kamu manfaatkan untuk usaha sewa penginapan, apalagi jika usaha penginapanmu berada di dekat tempat-tempat liburan, maka akan ramai. Di momen ini banyak sekali orang yang menghabiskan waktu liburannya di luar rumah, tak jarang sebagian orang mencari penginapan villa maupun guest house untuk berlibur bersama keluarga.

8. Desain Kartu dan Kalender

Untuk kamu yang memiliki kemampuan desain, kamu dapat memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk memarakkan usaha desainmu. Ide yang satu ini makin laris manis karena acara tukar kado marak dilakukan di kelompok keluarga, pertemanan, bahkan lingkungan kerja. Pada acara ini juga kartu ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru diberikan. Buatlah inovasi dari desain kartu ucapan buatanmu. Di saat ini pun selain membuat kartu ucapan kamu bisa juga membuat desain kalender. Pemasarannya bisa secara online atau melalui akun media sosial pribadi, maupun offline. Untuk promosi offline, kamu bisa membawa contoh desain ke kantor, sekolah, atau keluarga. Dengan demikian, mereka bisa secara langsung memilih dan memesan.

9. Bisnis Mainan Anak

Momen Natal selalu disambut suka cita oleh anak-anak. Karena di hari Natal, mereka akan menerima kado dari orangtua dan saudara. Ada peluang bisnis mainan yang menjanjikan menjelang Natal dan Tahun Baru. Kamu dapat melirik bisnis ini untuk menangguk keuntungan. 

10. Bisnis Travel

Sudah jadi tradisi kalau libur panjang Natal dan Tahun Baru dimanfaatkan untuk jalan-jalan bersama keluarga, seperti mengunjungi destinasi wisata di dalam maupun luar negeri. Sejak jauh-jauh hari, sudah pesan tiket pesawat, booking hotel supaya dapat harga murah. Banyak orang gak mau ribet mengurus tetek bengek liburan sendiri. Mereka biasanya mempercayakan jasa tour and travel untuk mempersiapkannya. Dalam bisnis ini, minta testimoni dari konsumen yang pernah memakai jasa travelmu. Taruh di website maupun media sosial perusahaan, sehingga banyak yang melihat dan membuat tertarik. 

Jenis usaha musiman seperti yang sudah SentraBilling jabarkan di atas, merupakan kesempatan bagi kamu untuk memulai usaha sampingan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak memiliki banyak waktu luang pada hari-hari biasa. Selamat mencoba!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *