5 Strategi, Jadi Pemimpin Bisnis yang Mumpuni

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

5 Strategi, Jadi Pemimpin Bisnis yang Mumpuni

Tak mudah menjadi seorang pemimpin, apalagi pemimpin bisnis. Di satu sisi, kamu harus memikirkan cara untuk terus menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, kamu juga harus mencari cara untuk memberdayakan sumber daya manusia yang kamu punya, serta membuat mereka nyaman bekerja. Nah, kali ini SentraBilling akan ulas 5 strategi agar kamu sukses menjadi pemimpin bisnis.

1. Rendah Hati

Meski kamu menjabat sebagai pimpinan, bukan berarti kamu menjaga jarak dan menjadi tinggi hati dengan tidak berbaur bersama bawahan. Sebaiknya luangkan waktu untuk berbaur dan mengenal mereka lebih dekat, agar komunikasi menjadi mudah. Jika kesan rendah hati seorang pemimpin sudah tertanam pada karyawannya, maka mereka pun akan menghargai sifat kepemimpinan kamu. Pada ahirnya, kerjasama untuk kemajuan bisnis akan berjalan dengan sangat baik.

2. Kerjasama Tim

Turun ke lapangan dan bekerjasamalah dengan tim. Lakukanlah kebiasaan ini secara berkala untuk memahami orang-orang yang bekerja denganmu, atau untuk mengetahui cara terbaik dalam memimpin mereka, tidak ada cara yang lebih efektif selain ikut melakukan pekerjaan yang mereka lakukan. Bangunlah kerjasama tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama. Jadilah pemimpin yang bukan hanya menyuruh, namun pemimpin yang juga bisa membantu karyawannya, ketika mereka kesulitan melaksanakan tugas yang kamu berikan.

3. Delegasikan Tugas

Kamu harus bisa memercayai kemampuan anggota tim kamu. Dengan cara itu, kamu bisa mendelegasikan tugas dan yakin orang yang kamu pimpin akan bekerja dengan sebaik-baiknya, untuk kemajuan perusahaan tempat dia bekerja. Kapanpun terdapat waktu yang memungkinkan, berikan tugas kepada karyawan untuk dikerjakan, agar karyawan ikut bertanggung jawab terhadap tim yang kamu pimpin. Bangun komunikasi antar karyawan dengan tim lainnya yang juga berhubungan dengan tugas tim mu. Karyawan akan berkontribusi paling efektif jika mereka diberikan tugas besar.

4. Menjadi Mediator yang Bijak

Pemimpin yang sukses, mampu menyelesaikan beragam masalah dengan baik dan menjadi mediator mereka yang bermasalah dengan bijak. Jadilah pendengar yang baik, agar mereka yang bermasalah bisa menjelaskan secara rinci sebab-musababnya. Utamakan mencari solusi dari masalah yang timbul, bukan malah menjadikan masalah membesar karena salah ambil tindakan. Semua masalah yang besar, bermula dari perkara kecil yang nampak sepele dan mengalami pembiaran. Sebagai pemimpin, ketegasanmu dalam menegakkan aturan sangatlah berperan penting.

5. Pemimpin yang Terus Belajar

Banyak orang merasa, menjadi pemimpin adalah titik pencapaian tertinggi. Lantas merasa sudah cukup menerima gaji besar dan berhenti belajar. Padahal, demi semua anggota tim dan kemajuan usaha bisnis, seorang pemimpin jangan sampai ketinggalan zaman, karena malas memperbarui pengetahuan. Cobalah untuk kembali mempelajari bidang usahamu, bagaimana karakteristik timmu, atau hal-hal baru lainnya setiap hari. Perluaslah perspektif pemikiranmu supaya terciptanya inovasi-inovasi baru. Dengan melakukan hal-hal tersebut, secara tidak langsung kamu juga membuat seluruh anggota tim lebih percaya diri.

Menjadi pemimpin memang tak gampang, makanya tak semua orang bisa memimpin dengan baik. 5 hal yang SentraBilling ulas di atas, akan bisa kamu lakukan bila disertai dengan kemauan dan keinginan yang kuat. Yakinlah.., kamu bisa menjadi pemimpin bisnis yang baik, bijak dan membuat orang yang kamu pimpin respek dan nyaman di bawah kepemimpinanmu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *