7 Cara Jitu Mengembangkan UMKM

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu bisnis yang mulai banyak diminati masyarakat di Indonesia. Pelaku bisnis ini tidak hanya kaum ibu-ibu atau orang dewasa saja, namun para pelajar dan mahasiswa juga turut andil mengambil bagian di bisnis ini. Produknya pun bervariasi, mulai dari kerajinan tangan, makanan, minuman, aneka fashion, alat-alat kecantikan, dan masih banyak lainnya.

Semakin banyaknya pelaku UMKM, menuntut mereka untuk selalu melakukan inovasi. Maka dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengembangkan UMKM. Berikut ini cara jitu mengembangkan UMKM yang dapat Anda lakukan.

Observasi Lokasi Strategis

Langkah awal mengembangkan UMKM yaitu melakukan survey dan observasi tempat usaha. Carilah tempat yang berpotensi terjadi penjualan yang tinggi. Lakukan survey dengan mencari tahu kebutuhan masyarakat sekitar. Buatlah pertanyaan-pertanyaan seperti berapa jumlah orang yang lewat di tempat itu, berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk Anda, seberapa mudah akses lokasi. Sehingga data observasi bisa dikumpulkan dan menjadi pertimbangan apakah tempat itu adalah tempat yang tepat untuk membuka bisnis Anda serta membantu Anda menentukan produk yang tepat.

Tentukan Produk yang Tepat

Setelah melakukan observasi lokasi yang strategis tentukan produk apa yang sesuai dengan target pasar. Tidak hanya sesuai, namun juga harus bisa memilih produk yang menarik, inovatif, kreatif, dan memiliki manfaat bagi penggunanya. Untuk bisa memenuhi kriteria tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan melakukan survey dan googling. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui gambaran produk yang sebenarnya untuk mengetahui peluang persaingan bisnis.

Sistem Promosi

Di era digital seperti sekarang tentunya memudahkan Anda untuk melakukan promosi, lakukan promosi melalui sosial media seperti facebook dan instagram. Hal ini dapat membantu memperluas pasar konsumen Anda. Anda juga dapat melakukan promosi dengan membuat brosur, pamflet, dan iklan radio.

Ikuti Beberapa Acara Pameran dan Festival

Pameran dan festival adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup terjangkau dan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat seperti mengenal vendor-vendor baru, mengetahui kompetitor-kompetitor bisnis Anda dan juga mendapatkan calon-calon pelanggan setia Anda. Ikutilah acara pameran dan festival yang sesuai denga produk Anda.

Gandeng Partner Usaha Lain

Jalin kerja sama dengan pengusaha yang ada hubungan dengan usaha Anda. Dengan demikian produk Anda akan mencapai ke target ke sasaran yang tepat, dan tentunya lebih cepat.  Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan fee atau komisi kepada orang yang Anda jadikan partener usaha tersebut.

Program Loyalitas Pelanggan

Tingkatkan mutu pelayanan dengan cara memberikan penghargaan untuk konsumen yang loyal karena ini akan mendorong pelanggan membeli produk lebih banyak dan memperkenalkan produk yang anda buat kepada orang lain. Pemberian penghargaan yang simpel misalkan memberi voucer untuk pembelian dalam jumlah khusus. Dengan adanya program tersebut akan mendorong konsumen Anda untuk mengajak orang lain dan orang lain akan mengajak orang lain lagi. Dengan demikian tentu saja produk yang Anda tawarkan akan meledak omzetnya.

Ikuti Perkembangan Teknologi

Di era digital ini, sangat disayangkan jika Anda termasuk orang yang sedikit ketinggalan dalam hal teknologi. Karena teknologi dapat membantu usaha Anda, sebagai contoh sistem point of sales (POS) yang dapat membantu kasir serta inventory usaha Anda sehingga memudahkan anda dalam menerima laporan.

Ayo kembangkan usaha UMKM !


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *