7 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Bisnis yang akhir-akhir ini sedang menjadi incaran para pebisnis adalah bisnis produk kerajinan tangan. Sebenarnya bisnis yang satu ini bukan merupakan bisnis yang asing bagi masyarakat Indonesia karena kerajinan tangan sudah menjadi salah satu hal yang banyak digemari orang, sehingga strategi pemasaran untuk bisnis ini mungkin tidak serumit pemasaran untuk produk kontemporer lainnya.

Untuk menjalankan bisnis diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran produk yang harus disesuaikan dengan target pasar. Berikut adalah 7 strategi marketing untuk produk padat karya ini:

Kenali Produk Anda

Kenali produk kerajinan yang Anda buat dan apa yang sedang banyak dicari masyarakat. Misalnya anda tahu cara membuat gantungan kunci dan gantungan kunci ini sering dicari para wisatawan lokal atau domestik sebagai oleh-oleh, maka anda dapat membuat gantungan kunci dan menjualnya.

Fokus

Ketika Anda sudah memulai berbisnis maka fokuslah dalam mengembangkan dan memajukan bisnis Anda. Jangan cepat terpengaruh dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Jangan terpengaruh akan hal-hal negatif seperti karena nantinya akan membawa dampak yang tidak baik bagi bisnis Anda sendiri.

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar sangat penting untuk usaha Anda karena jika target pasar tepat sasaran maka promosi akan lebih efektif dan efisien . Pahami selera pasar juga kebutuhan pasar, termasuk memahami gerakan trend yang ada. Kemudian suntikkan pengetahuan ini dalam porsi wajar pada produk kerajinan yang Anda buat. Jangan buat kreasi Anda terlalu pasaran sebab akhirnya produk anda tidak istimewa, justru idealisme ini membuat produk anda berbeda dan istimewa.

Promosi

Untuk memperkenalkan produk-produk Anda, tentunya Anda harus mempromosikannya ke masyarakat luas dengan berpromosi yang sesuai target pasar yang telah ditentukan. Di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang Anda dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi Anda dengan membuat blog atau website mengenai bisnis Anda. Media sosial seperti facebook atau instagram yang bisa memberikan tampilan visual juga bisa Anda gunakan agar orang dapat melihat hasilnya secara langsung. Di samping itu Anda juga dapat melakukan promosi melalui media lainnya seperti iklan di brosur, pamflet, tv, radio, atau surat kabar.

Mengikuti Berbagai Bazar

Strategi pemasaran berikutnya yaitu aktif dalam mengikuti pameran atau bazar. dengan mengikuti kegiatan bazar maka Anda dapat memiliki kesempatan untuk memamerkan produk kerajinan tangan Anda. Selain itu dengan mengikuti pameran Anda bisa membangun relasi untuk mengembangkan produk kerajinan tangan Anda.

Penghargaan

Berikan penghargaan untuk konsumen yang loyal karena ini akan mendorong pelanggan membeli produk lebih banyak dan memperkenalkan produk yang anda buat kepada orang lain. Pemberian penghargaan yang simpel misalkan memberi voucer untuk pembelian dalam jumlah khusus. Dengan adanya program tersebut akan mendorong konsumen Anda untuk mengajak orang lain dan orang lain akan mengajak orang lain lagi. Dengan demikian tentu saja produk yang Anda tawarkan akan meledak omzetnya.

Menggandeng Partner Usaha Lain

Jalin kerja sama dengan usaha yang ada hubungan dengan usaha Anda. Dengan demikian produk Anda akan mencapai ke target ke sasaran yang tepat, dan tentunya lebih cepat.  Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan fee atau komisi kepada orang yang Anda jadikan partener usaha tersebut.

Itulah 7 strategi pemasaran produk kerajinan tangan yang dapat Anda terapkan dalam usaha Anda, semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *