9 Manfaat Nyata Aplikasi Kasir yang Wajib Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

9 Manfaat Nyata Aplikasi Kasir, Pelaku UKM Wajib Tahu

Bila kamu sudah merambah bisnis UKM atau berminat menjadi pengusaha kecil – menengah, kamu tak hanya harus cerdik menangkap peluang pasar, tapi juga wajib tahu hal apa yang bisa memudahkanmu mengontrol dan menjalankan bisnis dan usaha tersebut. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI), bermunculan pula aplikasi yang memudahkan pelaku UKM dalam menjalankan bisnis dan usahanya, salah satunya adalah aplikasi kasir atau Point of Sale (POS).

Dengan aplikasi kasir, pembukuan barang dan keuangan bisa dilakukan secara otomatis, transaksi penjualan jadi mudah, aman dan terorganisir dengan baik. Manfaat nyata apalagi yang bisa didapat dari aplikasi kasir? Simak rangkuman SentraBilling berikut ini ya. 

1. Efisiensi Waktu

Dengan aplikasi kasir, kamu bisa lebih efisien waktu. Proses akuntansi rumit yang terjadi pada mesin kasir konvensional, akan terhitung otomatis di aplikasi kasir. Misalnya menghitung ratusan struk penjualan untuk mengetahui penghasilan harian atau mingguan. Terbayangkan waktu yang dibutuhkan bila menggunakan cara konvensional?

Pelanggan menyukai pelayanan yang cepat dalam bertransaksi, kini konsumen sudah terbiasa pula dengan pembayaran non tunai, bahkan membayar dengan uang digital seperti Go-Pay, OVO dan LinkAja. Dengan aplikasi kasir, semua bisa dilakukan dengan mudah dalam satu aplikasi.

2. Akurat

Pencatatan manual, walau telah kamu usahakan seteliti mungkin, tetap saja tak lepas dari bayang-bayang salah catat dan hitung. Dengan aplikasi kasir, bila data yang kamu input benar, aplikasi akan melakukan penghitungan dengan akurat dan pasti tepat.

3. Aman

Jika data transaksi kamu simpan dalam bentuk manual seperti dikertas, tentunya ini akan sangat rawan sobek, hilang atau bahkan dicuri. Aplikasi kasir menyimpan data-data kamu lebih aman dilengkapi dengan sandi pula, tak bisa sembarang orang leluasa mengakses data-data penting yang kamu punya. 

Aplikasi kasir juga akan memudahkan kamu mengetahui jika staf kamu melakukan penyelewengan. Bila dengan cara konvensional, bisa saja jumlah uang yang kamu terima tidak sesuai dengan jumlah barang/produk yang telah terjual, karena stok barang yang kamu miliki tidak langsung bisa diketahui. Tapi dengan aplikasi kasir semua rincian berapa sisa barang, berapa terjual dan nilai penjualannya, akan secara langsung bisa kamu ketahui.

4. Kontrol Stok Barang/Produk

Mengontrol stok produk, bukanlah hal yang rumit lagi bila menggunakan aplikasi kasir, karena salah satu fitur yang terdapat di aplikasi kasir ini akan mencatat dengan akurat berapa barang masuk, berapa barang keluar, berapa sisa barang, bahkan rincian harga beli dan harga jual, merek dan kategorinya pun tercatat. Semua rincian data produk ini akan sangat memudahkan kamu dalam mengontrol stok barang.

5. Analisa Bisnis

Mulai dari data produk, persediaan stok, catatan transaksi, hingga total omset semuanya tersaji lengkap dan dalam tampilan yang mudah kamu pahami, ini akan memudahkan kamu dalam menganalisi dan mengelola bisnismu. 

Kamu bisa mengetahui dengan cepat stok barang yang tersisa, kapan harus segera melakukan pemesanan atau mungkin malah menundanya. 

Kamu juga bisa dengan mudah melihat laporan pendapatan yang terperinci, jelas dan akurat, ini akan sangat membantu kamu dalam mengelola keuangan secara tepat dan cepat.

Aplikasi kasir juga membantu kamu dengan cepat mengetahui produk apa yang paling laku dan dibeli konsumen, bahkan kamu bisa melihat jam operasional yang efektif melalui jumlah transaksi di jam tertentu. Ini akan membuat kamu bisa mengembangkan strategi promosi yang lebih efektif, misalnya promo diskon di jam-jam tertentu.

6. Mudah & Sederhana

Aplikasi kasir didesain untuk memudahkan dan menyederhanakan kerumitan yang jamak terjadi pada akuntasi konvensional. Dengan aplikasi kasir, kamu jadi gampang mengelola data dan catatan bisnis yang tersedia, memudahkan pengaturan transaksi, mengontrol persediaan barang bisa dari mana saja dan membuat kamu terhubung dengan seluruh transaksi bisnis, hanya dalam satu genggaman.

7. Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Meningkat

Tampilannya yang kekinian dan modern, membuat usaha kamu akan mendapat nilai plus di mata konsumen dan pelanggan. Mereka akan terkesan karena melihat bisnis yang kamu kelola dengan profesional.

Aplikasi kasir memuat database pelanggan, dengan data ini kamu bisa melakukan banyak hal agar pelanggan dan konsumenmu terikat dan terpikat selalu dengan usaha yang kamu kelola. Kamu bisa menawarkan diskon pada mereka yang berulang tahun misalnya, atau potongan harga pada pembelian yang kesekian kalinya. Kamu juga bisa mengetahui apa saja yang mereka suka, dari apa yang sering dibeli di bidang usaha yang kamu kelola.

8. Fitur Online-Offline

Tak semua aplikasi kasir mempunyai fitur ini, yaitu bebas akses kapanpun dan di manapun, sekalipun sedang offline, salah satu aplikasi kasir yang menyertakan fitur ini adalah SentraBilling.

Aplikasi kasir ini cocok untuk berbagai jenis usaha, memiliki fitur lengkap dan yang pasti sangat mudah digunakan.

9. Lebih Hemat & Mudah Didapat

Aplikasi kasir sangat mudah didapat, bahkan gratis pula. Cukup dengan ponsel android yang kamu punya, aplikasi kasir yang sangat mumpuni sudah bisa kamu instal di ponselmu. Fitur-fiturnya yang melimpah juga bisa kamu nikmati walau aplikasi ini gratis. 

Bila bisnismu masih tak terlalu besar (kurang dari 100 transaksi perhari), aplikasi gratis ini sudah cukup memudahkan & membantu meningkatkan transaksi bisnismu agar semakin meningkat pesat. 

Seiring dengan kemajuan bisnis dan usahamu kelak, fitur-fitur yang sangat lengkap dari aplikasi kasir akan kamu butuhkan. Tentunya dengan pendapatan yang bertambah, fitur lengkap meski berbayar akan menjadi sebuah kebutuhan untuk mendukung bisnismu dalam mendatangkan keuntungan yang berlimpah pula.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *