Aplikasi Kasir Membantu Manajemen Pelanggan

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Apakah Anda sering mendengar pepatah “Pelanggan Adalah Raja” ? Pepatah tersebut memang terdengar jika pelanggan adalah ‘sosok’ yang Agung. Faktanya, pelanggan memang memiliki peran yang penting bagi pemilik bisnis dari berbagai jenis bisnis yang ada saat ini.

Mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan adalah ujung tombak kesuksesan bisnis. Sebagai “pelayan”, Anda harus tahu apa saja kebutuhan dari mereka yang Anda layani bukan? Oleh sebab itu, tak sedikit pemilik bisnis retail yang melengkapi point of sale (POS) system mereka dengan fitur customer relationship management (CRM). Dengan CRM, anda bisa mengenali pelanggan Anda lebih baik dengan cara berikut:

Mengumpulkan Data Pelanggan

Mengumpulkan data pelanggan ketika bisnis Anda sedang ramai memanglah tidak mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir. Data-data seperti info kontak serta riwayat belanja adalah informasi yang penting. Data ini bisa Anda gunakan untuk menawarkan varian terbaru dari produk yang pernah dibeli pelanggan Anda.

Membuat Grup Pelanggan

Dengan fitur ini, anda bisa mengelompokkan pelanggan Anda sesuai grupnya. Sebagai contoh, anda bisa mengelompokkan pelanggan VIP, pelanggan pelajar, ataupun yang lain. Sehingga membantu target kelompok marketing Anda dan membantu dalam menganalisa pelanggan yang memiliki dampak terbesar pada titik penjualan ataupun pelanggan yang cenderung kembali.

Program Loyalitas

Program loyalitas dirancang untuk mendorong loyalitas terhadap bisnis Anda, guna untuk menghasilkan peningkatan pendapatan dengan dukungan lanjutan. Maka dari itu Anda perlu memanjakan pelanggan setia Anda dengan loyalty program, seperti diskon spesial, beli 1 gratis 1 dan sebagainya. Dengan begitu, dapat membantu mengarahkan pelanggan untuk berkunjung kembali ke tempat bisnis Anda, dan bahkan membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda melalui mulut-ke-mulut untuk meningkatkan kunjungan pelanggan.

Meningkatkan Penjualan Dengan Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan adanya aplikasi kasir yang mudah digunakan, bisnis dapat dengan mudah mengumpulkan dan melacak preferensi pelanggan dan sejarah pembelian. Informasi ini juga memungkinkan Anda, sebagai pelaku bisnis, dapat memberikan pelayanan berupa penawaran kepada individu atau kelompok pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan dengan memperhatikan kebutuhan dari setiap pelanggan.

Sekarang, Anda sudah tahu betapa pentingnya menjaga pelanggan untuk setia kepada Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Coba sekarang beralih pakai aplikasi kasir untuk mengenal lebih dekat dengan pelanggan Anda!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *