Cara Jitu Agar Pembeli Menjadi Pelanggan Loyal

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Cara Jitu Agar Pembeli Menjadi Pelanggan Loyal

Jualan sama, rasa nyaris serupa, tapi kenapa konsumen lebih pilih berlangganan ke tempat lain yang lebih jauh? Lebih ekstrem lagi contoh berikut: barang sama, merek sama, harga pun sama. Tapi konsumennya cuma loyal berlangganan pada satu gerai tertentu. Apa rahasianya? Nah ulasan SentraBilling berikut ini akan membongkar rahasianya.

1. Pertahankan Layanan Selalu Prima.

Selain faktor harga dan kualitas produk, konsumen juga menyukai pelayanan yang ramah, komunikatif dan apa yang dipesan sesuai dengan apa yang mereka terima. Jangan hari ini ramah penuh senyum, tapi esok hari manyun & wajah ditekuk tiga pula. Jadi kamu harus benar-benar memastikan, staf penjualan selalu menjaga sikap dan layanan prima, bahkan saat menghadapi keluhan dari konsumen sekalipun.

Layanan prima tak hanya untuk pembeli langsung, karena sekarang sudah jamannya pemesanan online, walaupun pembeli tak datang langsung, tapi jika pelayanan yang kamu berikan asal-asalan dan berantakan, mereka juga akan kapok. 

Perhatikan kemasannya, pengirimannya bagaimana, cuaca juga perlu dipertimbangkan. Betapa kecewanya pembeli saat pesan nasi goreng misalnya, ternyata pesanan tiba dengan dengan kondisi tercecer karena kemasannya tak rapat, ditambah lagi kurir pengirimnya yang ngebut dan cuaca hujan pula, terbayangkan nasi gorengnya jadi seperti apa?

2. Jaga Kualitas Produk.

Konsistensi adalah kunci. Jangan sampai produk sama, tapi kualitas beda-beda, karena ini akan sangat membuat konsumen sakit hati. Tak hanya ogah kembali, mereka bisa jadi akan menceritakan pengalaman buruknya pada calon pembeli produkmu.

Contohnya bila kamu menjual produk makanan, jangan sampai kejadian olahan rasa makanan yang kamu hasilkan tak konsisten, kadang rasa pas, tapi tak jarang keasinan. Itu bisa “cilaka…”

3. Bonus & Diskon Belanja.

Bonus dan diskon yang tepat, menjadi pemikat bagi konsumen & pembeli untuk datang atau membeli kembali. Bonus seperti cuci motor lima kali gratis satu kali, ini akan membuat konsumen yang awalnya tak terpikir untuk kembali, malah menjadwalkan untuk kembali lagi. 

Bahkan dengan aplikasi kasir yang baik, kamu bisa memasukkan kontak para konsumenmu pada aplikasi. Kamu bisa menganalisa kesukaan konsumen, saat jam, hari, tanggal berapa mereka biasa beli. Dengan analisa yang tepat kamu dapat mengirim pesan iming-iming diskon bagi konsumen yang telah lama tak kembali membeli.

4. Kemudahan Sistem Pembayaran.

Dengan makin menjamurnya sistem pembayaran yang beragam. Konsumen selain dimanjakan dengan kemudahan, mereka juga akan semakin loyal menjadi pelanggan pada pedagang yang menyediakan berbagai sistem pembayaran. Karena tak hanya promo & diskon dari pedagang, mereka juga berburu promo dari sistem pembayaran. Semisal Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja dan sebagainya. 

5. Jujur.

Bila kejujuran kamu tanggalkan, maka tinggal menunggu kehancuran. Konsumen yang sudah pesan 100 dan yang tiba 99. Mungkin terlihat kecil cuma kurang 1, tapi berdampak besar bagi reputasi bisnismu. Untungnya saat ini ada aplikasi kasir SentraBilling yang mumpuni, semua terkontrol dan tercatat rapi. Membuat bisnismu lebih akurat dalam pencatatan stok barang dan produk.

Ini akan sangat sangat memudahkan kamu dalam mengelola bisnis, menganalisa dan membuat rencana terbaik untuk pengembangan usahamu.

Jika produk dan pelayananmu konsisten bagus, harga bersaing, ditambah gelontoran bonus dan diskon, jujur dan sangat bisa dipercaya, konsumen tak hanya terpikat, tapi akan menjadi pelanggan setia yang sangat loyal, bahkan bisa jadi corong bagi bisnismu yang akan menyebarluaskan pada calon-calon pelanggan setiamu berikutnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *