Inilah 4 Manfaat Aplikasi Kasir Untuk UMKM

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Seiring perkembangan teknologi informasi, banyak dari pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual kini beralih menggunakan teknologi yang terkomputerisasi. Sebagai contohnya adalah pencatatan transaksi yang di bantu oleh aplikasi kasir.

Sebagai seorang pengusaha UMKM yang sedang berkembang, Anda tentu juga ingin memiliki pencatatan penjualan yang baik dan efisien. Banyak usaha yang gagal, karena masalah keuangan yang tidak beres atau transaksi penjualan yang tidak sesuai dengan penerimaan keuangan perusahaan di luar kendali pemilik usaha. Inilah manfaat penting aplikasi kasir bagi pengusaha UMKM yang wajib Anda ketahui:

Efisiensi Waktu

Jika berjualan secara manual tanpa memiliki aplikasi kasir, Anda harus melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung untuk mengetahui produk yang paling banyak terjual. Hal ini akan terasa mudah ketika jenis dan jumlah barang yang dijual masih sedikit, namun bila barang mulai banyak, hal ini dapat menguras tenaga Anda dalam mengurusi distribusi barang. Dengan bantuan aplikasi kasir maka distribusi barang otomatis bisa dilakukan dengan cepat.

Dapat Mengendalikan Arus Kas

Aplikasi kasir mencatat semua rincian penjualan yang anda dapatkan dalam satu hari, serta memperlihatkan barang-barang apa saja yang sudah terbeli dan berapa banyak barang yang belum laku terjual. Aplikasi kasir juga secara otomatis akan menjumlah semua angka nominal hasil penjualan dalam satu hari, dengan begitu Anda bisa langsung mengetahuinya seberapa banyak barang yang sudah diterima di hari itu. Anda tidak perlu lagi melakukan penjumlahan kembali, yang tentunya bisa saja mendapatkan risiko kesalahan perhitungan.Bahkan, dengan aplikasi kasir Anda bisa mengetahui dengan mudah total penjualan selama seminggu maupun sebulan hanya dengan satu kali perhitungan saja. Anda akan mengetahui angka penjualan dengan pasti, bahkan dapat melakukan pemesanan barang dengan cepat. Dengan begitu, uang kas yang Anda miliki bisa dipergunakan secara tepat dan terkendali.

Sistem Keamanan Lebih Kuat

Ketika bisnis Anda semakin berkembang, disadari atau tidak, waktu luang Anda pun semakin hilang. Hal ini tentunya harus mulai disiasati dengan baik. Jika memiliki aplikasi kasir untuk bisnis, Anda bisa mulai mengambil jarak dari bisnis dan menyerahkan masalah pembayaran pada seorang karyawan. Dengan aplikasi kasir, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena keuangan bisnis akan terjaga dan semua stok barang beserta jumlah uang yang diterima akan otomatis sesuai dengan jumlah pembelian. Tanpa adanya aplikasi kasir, ada kemungkinan bahwa jumlah uang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah barang yang telah terbeli dari toko/ bisnis karena stok barang yang Anda miliki tidak langsung bisa diketahui dari jumlah uang yang diterima. Hal ini memungkinkan untuk terjadinya kebocoran keuangan yang mengganggu sistem operasional bisnis Anda.

Membantu Analisa Bisnis

Ketika pengusaha dihadapi masalah dengan jumlah barang yang ada di dalam gudang. Aplikasi kasir akan dengan mudah menampilkan stok barang yang tersedia. Karena setiap barang akan didaftarkan kedalam sistem sehingga data setiap barang sudah tersedia dan dapat dilihat melalui aplikasi kasir. Dengan mengetahui setiap angka penambahan dan stok barang yang tersedia secara cepat dan akurat. Anda mungkin bisa melakukan pemesanan maupun menunda pembelian. Ini tentunya akan menjadi strategi bisnis yang baik.

Dengan beberapa penjelasan yang telah dipaparkan di atas, pastinya Anda sekarang sudah mengetahui seberapa pentingnya aplikasi kasir untuk pengusaha UMKM.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *