Kamu Mahasiswa? Yuk Mulai Usaha Kreatif Ini

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Kamu Mahasiswa? Yuk Mulai Usaha Kreatif Ini

Status masih mahasiswa, tapi sudah punya penghasilan tambahan, tentu sangat menggiurkan, bukan? Selain untuk mengisi waktu luang, kamu pun bisa mendapat penghasilan lumayan banyak hanya dengan modal yang kamu punya. Memulai usaha kreatif adalah salah satu solusinya. Faktor penting yang dibutuhkan dalam memulai usaha kreatif bukan hanya modal saja, tapi juga kemampuan dan mental yang kuat.

Yuk simak ulasan SentraBilling berikut, ada tujuh ide usaha kreatif ala mahasiswa yang bisa kamu mulai dari sekarang!

1. Bisnis online

Semakin meningkatnya industri e-commerce, membuka online shop adalah salah satu pilihan bisnis kreatif dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Toko online sangat relatif mudah untuk dikelola. Pilihan reseller atau dropshiper juga akan membantumu mengembangkan toko online yang kamu punya.

2. Fotografer atau Videografer

Kamu memiliki bakat seni fotografi dan videografi? gunakan bakat kamu untuk memulai usaha kreatif. Walaupun kamu tidak punya modal yang cukup untuk mendirikan studio, itu bukanlah masalah. Sebab kamu tetap masih bisa menjalankan bisnis ini dengan menawarkan jasa foto prawedding kepada teman atau kenalanmu yang hendak menikah, maupun menawarkan jasa foto ke sejumlah sekolah untuk keperluan buku tahunan sekolah.

3. Desain grafis

Pilihan usaha sebagai desain grafis akan sangat tepat untuk kamu yang memiliki keahlian dibidang ini. Dengan bermodalkan skill tersebut dan laptop kesayangan, kamu bisa menerima pesanan desain grafis. Unggah portofolio desain kamu di situs desain grafis seperti dribbble.com agar keahlian dan karyamu makin mudah diketahui banyak orang. Semakin banyak yang tahu dan suka dengan karyamu, peluang mendapat order akan makin terbuka lebar.

4. Web developer

Punya bakat coding web? kamu bisa pilih usaha kreatif sebagai freelancer web developer. Buat akun di linkedin, lengkapi segala data diri, maka kemungkinan akan ada beberapa perusahaan yang tertarik memperkerjakanmu. Atau coba unggah CV (curriculum vitae) beserta portofolio kamu di situs cari kerja seperti jobs.id, freelancer.co.id dan situs-situs sejenis lainnya.

5. Content writer

Banyak lowongan freelance content writer di dunia maya. Jika kamu memiliki skill menulis yang cukup dan kecakapan untuk membuat artikel, maka kamu bisa menggeluti bidang ini untuk mendatangkan penghasilan.

6. Jual makanan berat atau kue

Untuk kamu yang hobi memasak dan ternyata masakan kamu enak, kamu bisa mencoba usaha kreatif jual makanan. Kamu bisa jual kue-kue dengan bentuk yang unik atau menjual makanan sehat seperti salad, bahkan kamu juga bisa misalnya berjualan nasi pecel atau katering. Buat semenarik mungkin masakanmu dengan cita rasa yang yahud untuk menggaet pembeli lebih banyak.

7. Bisnis kerajinan

Untuk kalian para mahasiswa yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan, hobi kamu juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Tuangkan semua kreatifitas pada produk-produk yang kamu ciptakan. Buatlah berbagai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik. Semakin unik sebuah produk, tentu akan semakin mudah untuk mendapatkan pasar, bukan?

Jadi bagaimana? Sekarang kamu sudah tertarik menambah penghasilan dengan memulai usaha kreatif? Ayo coba ide usaha kreatif dari SentraBilling ya, semoga berhasil!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *