Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Online Untuk Bisnis Baru

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Ketika Anda membuka usaha baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan yang membutuhkan pengolahan transaksi penjualan dalam jumlah banyak. Pencatatan transaksi dalam usaha merupakan salah satu hal yang sangat penting karena kita bisa mengetahui secara pasti keuntungan maupun kerugian usaha yang tengah dijalani termasuk transaksi pembelian maupun penjualan. Khusus untuk transaksi penjualan biasanya pembeli akan berhadapan langsung dengan penjaga toko atau kasir, tentunya seorang kasir harus tau harga setiap produk yang dijual. Jika barang yang dijual memang sedikit mungkin bisa dengan mudah untuk dihafal, namun bagaimana jadinya jika usaha Anda menjual berbagai macam jenis barang dengan harga yang berbeda-beda? Tentu saja seorang kasir tidak mungkin menghafal harga masing-masing barang.

Biasanya pemilik usaha mencatat barang-barang beserta harganya di sebuah buku agar ketika ia tidak mengetahui harga barang yang akan dibeli oleh konsumen ia bisa melihatnya di buku tersebut. Tidak hanya itu saja, seorang kasir juga dituntut untuk menulis struk kepada pembeli sebagai bukti transaksi. Jika semua aktivitas penjualan dilakukan secara manual tentu ini akan menyita banyak waktu bukan? Apalagi jika usaha Anda sering dikunjungi oleh banyak pembeli tentu saja mereka harus merelakan waktunya untuk mengantri. Maka solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online atau program point of sales (POS) untuk membantu bisnis Anda.

Berikut adalah keuntungan yang Anda dapat jika menggunkan aplikasi kasir online:

Proses Transaksi Lebih Mudah dan Terekam dengan Baik

Salah satu poin penting ketika Anda membuka usaha baru adalah pencatatan keuangan harus jelas. Dengan menggunakan point of sales, segala transaksi masuk dan keluar akan tercatat secara sistematis dan aman. Setiap hari Anda bisa mengecek transaksi penjualan dan setiap bulannya Anda bisa me-review apakah ada kemajuan dari sektor penjualan.

Memudahkan Untuk Mengakses Data

Anda dapat mengakses data Anda di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Dengan koneksi internet, Anda dapat melihat jumlah inventaris, persentase penggunaan tenaga kerja, laporan produktivitas, dan laporan total harian Anda dari jarak jauh dan realtime. Bahkan saat Anda liburanpun, Anda masih dapat memantau bisnis Anda dengan mudah.

Mengembangkan pemasaran

Aplikasi kasir online dapat memberikan data pada bisnis Anda untuk tumbuh dan memaksimalkan keuntungan. Semua pembelian dilacak dan dicatat, ini berarti setiap yang dilakukan oleh pelanggan tersedia untuk dilihat, termasuk pembelian secara online dan langsung. Pebisnis dapat melacak produk dan layanan mereka yangg sukses dan menciptakan pemasaran bertarget yang berdasarkan pada demografi, konsemuen, behaviour, dan sebagainya.

Membantu Anda dalam Mengambil Keputusan

Mungkin ketika awal-awal membangun bisnis, Anda belum membutuhkan sistem point of sales untuk mengambil keputusan. Tetapi ketika bisnis Anda sudah berjalan 3-6 bulan, Anda akan sangat membutuhkan point of sales untuk mendapatkan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Misalnya ternyata dalam satu bulan, penjualan barang A meningkat tajam dan Anda harus menentukan untuk mengurangi ongkos produksi barang lainnya. Dengan laporan penjualan yang sistematis dan terstruktur, Anda bisa menentukan mana barang yang harus dikurangi ongkos produksinya.

Pilihan Ragam Metode Pembayaran

Aplikasi kasir atau POS biasanya juga memiliki pilihan ragam metode pembayaran. Sehingga juga dapat meningkatkan pelayanan pada konsumen. Konsumen dapat memilih pembayaran menggunakan cash atau kredit. Dan aplikasi kasir akan segera terhubung dengan akun bank milik Anda dan akan terhubung juga otomatis dengan financial tracking system milik anda.

Nilai Plus Untuk Branding Bisnis Baru

Di dalam sebuah bisnis, branding adalah salah satu poin krusial yang harus Anda bangun. Dengan adanya point of sales atau aplikasi kasir online di bisnis Anda, tentu para pelanggan akan melihatnya sebagai nilai lebih. Point of sales yang ada di bisnis Anda ini akan membuat pelayanan lebih baik, semua jadi tercatat, dan terlihat sangat profesional. Membangun kepercayaan dan branding akan membuat pelanggan bisa datang lagi dan merekomendasikannya ke orang lain.

Ayo pindah dari sistem manual ke point of sales.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *