Lonjakan Omset Pedagang di Bulan Ramadan

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

ide bisnis modal kecil

Usaha kecil-kecilan dengan untung besar bukan cuma mimpi. Usaha kecil-kecilan pun bisa beromset jutaan dan semua jenis usaha nggak bisa dipandang sebelah mata, terutama di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Banyak para pebisnis menjadikan Bulan Ramadan sebagai momentum dengan melakukan upaya atau strategi bisnis agar tidak mengalami turunnya omset penjualan. Perhatikan beberapa point berikut agar omset jualan kamu melonjak.

Sesuaikan Produk atau Jasa dengan Perilaku Masyarakat Saat Bulan Ramadan

Poin pertama adalah poin yang sangat penting untuk diperhatikan. Sesuaikan jam operasional bisnis rumah makan, restoran atau cafe kamu dengan perilaku masyarakat selama bulan Ramadan. Buka tempat usaha kamu pada bulan Ramadan ini mulai sore menjelang maghrib sampai pagi hari (sahur) atau bisa juga mulai dari sore hari sampai malam hari. Buatlah program atau promosi khusus dan posisikan tempat usaha kamu sebagai tempat yang tepat dan nyaman untuk menarik pelanggan pada saat berbuka puasa.

Buatlah Produk Atau Jasa Seasonal dengan Segmen Bulan Ramadan

Kreasikan produk seasonal tematik yang memiliki keterkaitan dengan Bulan Ramadan. Buatlah promo-promo dengan melibatkan produk seasonal sebagai hadiah atau bonus dari pembelian produk atau barang yang tidak memiliki keterkaitan dengan Bulan Ramadan, tentukan harga yang sesuai untuk penerapan strategi ini untuk dapat membantu mendongkrak omset. Misalnya, pakaian muslim, perlengkapan set memasak, maupun menu makanan spesial bulan Ramadhan. Apabila usaha kamu bergerak di bidang kuliner, jangan ragu untuk menghadirkan menu-menu takjil untuk oleh pelanggan selama bulan puasa, mulai dari kolak, es buah, atau hidangan manis pembuka puasa lainnya.

Buatlah Konten Promosi yang Bernuansa Bulan Ramadan

Buatlah konten promosi yang didalamnya menggambarkan corak bulan Ramadan. Jika kamu memiliki toko offline, desain ulang bagian dalam dan luar toko dengan ornamen-ornamen Ramadan. Dengan begitu, ketika pelanggan melewati toko kamu, mereka akan lebih tertarik untuk berkunjung hingga melakukan pembelian. Putarkan musik-musik bernuansa Islami agar suasana Ramadhan di dalam toko kamu semakin ‘hidup’.

Siapkan paket bundling

Paket bundling adalah menjadikan dua produk berbeda dalam satu kemasan jual yang cantik dan dengan harga yang menarik. Beritahukan pada pelanggan kamu bahwa paket bundling ini hanya bisa dibeli selama bulan Ramadhan saja. Dengan begitu, mereka akan lebih antusias dalam melakukan pembelian mengingat stok barang yang cukup terbatas.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *