Memulai Bisnis Di Bulan Ramadhan

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Bulan ramadan adalah bulan yang tepat bagi kamu untuk memulai usaha. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, perayaan Ramadan hingga Idul Fitri terasa begitu meriah. Faktor ini adalah peluang yang sangat bagus untuk kamu yang tertarik untuk berbisnis di bulan puasa Ramadan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persiapan sebelum memulai bisnis di bulan Ramadan.

Buat Perencanaan yang Jelas

Apapun bisnis di bulan Ramadan yang akan kamu jalankan haruslah dengan perencanaan yang matang. Terutama jika bisnis selama ramadan kamu bakal dikembangkan sampai setelah ramadan. Pilih produk apa yang akan kamu jual. Tentukan lokasi untuk berjualan produk kamu, pilih yang sesuai dan strategis, dan tentukan waktu operasional usaha. Buat strategi pemasaran dan promosi yang tepat agar bisa memaksimalkan usaha kamu tersebut.

Pilih Jenis Usaha yang Sesuai Modal

Banyak jenis usaha yang bisa kamu pilih saat bulan Ramadan, seperti berjualan makanan, minuman atau takjil, jualan catering berbuka dan sahur, berjualan pakaian dan perlengkapan ibadah, menyewakan kendaraan dan penginapan dan lain sebagainya. Semua itu memiliki modal yang bervariasi, besar maupun kecil. Sesuaikan dengan modal awal yang kamu punya, agar dapat mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi.

Cermat Melihat Peluang Usaha

Beberapa jenis usaha bisa sangat menguntungkan selama bulan Ramadan. Kamu harus dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Contohnya, usaha kuliner dimana banyak orang yang membutuhkan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa, berjualan pakaian dan perlengkapan ibadah dimana banyak orang akan membeli pakaian muslim untuk beribadah dan merayakan Lebaran.

Tentukan Metode Penjualan

Tentukan metode penjualan yang hendak kamu jalankan. Saat ini banyak pilihan metode penjualan yang bisa kamu pilih, seperti menjual produk buatan sendiri, atau membantu menjual produk milik orang lain. Selain itu kamu juga bisa menjual produk kamu secara online dan mengirimkannya menggunakan aplikasi ojek online. Sesuaikan metode penjualan yang kamu pilih dengan keadaan kamu.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *