Peluang Usaha IT untuk Anak Gen Z

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

bisnis modal kecil, modal kecil, usaha sampingan, usaha anak muda, usaha digital

Saat ini teknologi memiliki andil besar dalam perkembangan kehidupan manusia. Dengan banyaknya teknologi baru saat ini, muncul beberapa peluang usaha digital yang menjanjikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada.

Peluang usaha di bidang IT di Indonesia masih tergolong baru, sehingga peluang untuk sukses masih terbuka lebar, terutama untuk anak muda. Jika kamu masih bingung, berikut 10 ide peluang bisnis bidang IT yang bisa kamu coba.

Web Development

Website saat ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Sebab, sekarang adalah eranya informasi, keterbukaan, dan kemudahan dalam komunikasi.  Ada banyak manfaat memiliki website untuk sebuah bisnis, diantaranya meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil, media promosi, media komunikasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, peluang untuk membuat usaha web developer saat ini sangat tepat, banyak orang yang membutuhkan mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat.

Startup

Startup adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital. Untuk membangun sebuah startup, kamu hanya membutuhkan konsep yang matang saja. Jika kamu tidak bisa masalah pemrograman, desain, konten marketing, pemasaran, dan SEO, Anda bisa melemparkan ke orang lain yang lebih berpengalaman. Tetapi jika kamu mampu, kamu bisa melakukannya sendiri. Kemampuan utama yang harus dimiliki sebelum membuat startup yaitu pengelolaan sumber daya manusia. Contoh saja Facebook yang dulunya hanya startup kecil, kini sudah menjelma menjadi salah satu raksasa di dunia dan digunakan oleh banyak orang.

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara bagaimana menaikkan website kamu berada di halaman pertama pencarian Google sehingga banyak pengunjung yang datang pada website kamu. Ilmu SEO ini masih jarang yang menguasainya, masih terbuka lebar peluang untuk membuat usaha di bidang SEO ini. Apalagi biaya dari jasa SEO ini tergolong mahal, terutama pada website yang memiliki persaingan berat.

Aplikasi Mobile

Perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, dari tahun ke tahun perkembangannya sangat signifikan. Apalagi ditambah dengan maraknya smartphone yang membuat aplikasi mobile menjadi salah satu peluang bidang IT yang sangat menggiurkan. Aplikasi mobile yang paling banyak di-download menurut data di urutan pertama adalah kategori Games (21,69%), urutan kedua kategori Education and Reference (14,6%), urutan ketiga kategori Business and Productifity (13,90%). Dari data tersebut menyebutkan bahwa games adalah aplikasi yang paling laku dan diminati saat ini, sehingga ini menjadi peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha di bidang IT yang tepat.

Blogger

Blogger adalah salah satu peluang usaha yang tepat untuk kamu yang memiliki hobi menulis. Tulis lah blog sesuai dengan keahlian yang kamu kuasai. Namun jangan lupa, kamu harus mengerti tentang urusan domain, hosting, dan SEO agar blog kamu bisa bersaing dengan blog lain di Internet. Lakukan monetisasi (mengubah dan mengelola) blog yang kamu miliki dengan PPC Adsense, mengikuti program afiliasi, menjual slot iklan, paid to review, dan masih banyak model monetisasi lainnya.

Social Media Consulting

Tawarkan jasa untuk mengoptimalkan social media untuk berbisnis, sarana promosi, membangun brand, menambah jumlah follower/teman dan masih banyak lainnya dengan menjadi konsultan social media. Karena jasa ini menjadi kebutuhan yang sangat dicari bagi pemilik usaha mandiri.

IT Solution

Saat ini masih banyak orang yang membutuhkan jasa teknologi informasi atau IT solution. IT solution adalah bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pemasangan, reparasi atau penjualan alat-alat IT. Contoh usahanya seperti pemasangan CCTV, alarm keamanan, jasa service perangkat IT, penjualan software, dan lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *