Sistem Point of Sale (POS) untuk Bisnis Anda

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Perkembangan teknologi memungkinkan sebuah sistem modern yang dapat membantu operasional bisnis Anda secara lebih handal. Sistem tersebut dikenal dengan sebutan Point of Sale (POS). POS juga dapat disebut sebagai aplikasi untuk kasir atau sebuah cash register bisnis.

Dengan perangkat POS, Anda dapat mencatat semua transaksi penjualan  menggunakan komputer dan menyimpan semua informasi penjualan di perangkat Anda atau di dalam cloud (sebuah database online), termasuk memasukkan informasi barang atau jasa yang dijual beserta harga, dan jumlah yang terjual.

Apakah Anda tahu apa saja manfaat dari perangkat POS tersebut? Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir toko atau perangkat POS. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Proses Akuntansi jauh lebih mudah dan sederhana

Dengan mesin kasir konvensional, Anda akan dihadapkan pada ratusan struk untuk dihitung secara manual agar dapat mengetahui pemasukan hari itu. Dengan perangkat POS, proses akuntansi dapat disederhanakan. Anda hanya perlu melihat laporan penjualan harian yang terekam pada aplikasi kasir secara otomatis saat adanya transaksi.

  • Mengurangi kesalahan dalam transaksi

Melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional akan rentan dengan kesalahan. Aplikasi kasir membantu Anda dan staff Anda untuk dapat mengecek kembali produk – produk yang telah di input, bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi pada terakhir sehingga dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan Anda.

  • Mempermudah anda mengecek transaksi sebelumnya

Jika Anda menggunakan perangkat POS, Anda akan lebih cepat dan mudah untuk melacak transaksi pada hari, seminggu atau sebulan sebelumnya.

  • Mengontrol stok persediaan

Perangkat POS dapat digunakan untuk mengontrol stok persediaan barang usaha Anda. Dengan begitu laporan usaha Anda akan aman dan tidak ada kekeliruan dalam manajemen inventory usaha Anda. Perangkat POS juga dapat menunjukkan produk apa saja yang paling laris terjual, sehingga Anda dapat bersiap mengantisipasi kehabisan produk di tengah operasional bisnis, lalu segera dapat menyetok kembali produk yang sudah mulai menipis. Karena perangkat POS terhubung dengan stock persediaan, owner usaha dapat memperoleh informasi yang lebih rinci seperti nama produk, deskripsi produk, harga jual, dan total penjualan, maka Anda tidak perlu kesulitan lagi membuat laporan tentang stok

  • Mengetahui keuntungan dan kerugian penjualan

Perangkat POS terdapat fitur yang dapat memudahkan Anda memperkirakan laba kotor yang akan Anda dapatkan bulan itu melalui jumlah penjualan dan total persediaan. Anda akan mengetahui apakah Anda untung atau justru mengalami kerugian.

  • Mempercepat layanan 

Setiap bagian dari proses pembayaran seperti mengecek transaksi kartu kredit, mencetak struk pembelanjaan customer dan sebagainya dapat dilakukan dengan lebih cepat jika Anda menggunakan perangkat POS, sehingga menjadikan pelayanan pun akan lebih cepat dan akurat.

  • Dapat Membantu Strategi Marketing Toko Anda

Perangkat POS sangat membantu strategi marketing bagi toko Anda. Bagaimana caranya? Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan Anda dengan memberikan diskon atau pesan khusus kepada pelanggan. Dalam perangkat POS ada fitur yang dapat mengatur pemberian diskon dan pengiklanan sehingga akan lebih terjadwal. Pengiklanan yang dimaksud dapat berupa informasi produk toko terbaru, atau produk toko yang paling laris terjual. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menarik pelanggan Anda agar tertarik untuk datang kembali ke toko Anda.

  • Memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah 

Perangkat POS memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah daripada kasir konvensional. Dengan perangkat yang sederhana, serta terdapat vendor yang menyediakan layanan support, membuat biaya perawatan dan perbaikannya menjadi lebih rendah.

  • Selalu terhubung dengan usaha Anda

Anda dapat selalu terhubung dengan bisnis Anda dimanapun berada. Dengan fitur – fitur lengkap yang disediakan oleh perangkat POS, bisnis Anda akan mendapatkan laporan penjualan harian, laporan tentang stok barang yang ada dari usaha Anda, atau informasi penting lainnya yang menyangkut tentang operasional bisnis Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *