6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh sentrabilling pada

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati dari waktu ke waktu. Alasannya sederhana, karena makan adalah kebutuhan primer dari semua orang. Kreatifitas dan inovasi juga diperlukan dalam menggeluti usaha ini. Untuk kamu para pemula, agar bisnis kuliner mu lebih lancar, simak 6 tips bisnis kuliner dari sentra billing berikut ini:

Siapkan modal usaha

Pertama-tama sebelum menyiapkan hal lainnya, ketahui dulu berapa jumlah modal yang kamu punya. Dari sana, kamu akan lebih mudah dalam menentukan jenis kuliner apa yang akan menjadi usahamu. kamu dapat mulai bisnis dari modal yang kamu miliki, kemudian secara berkala menyisihkan keuntungan yang kelak akan bisa digunakan untuk menjadi modal tambahan. Bagaimana jika kamu sudah menentukan jenis bisnis yang akan digeluti, namun kekurangan modal? Tak jadi masalah, karena ada penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang bisa dimanfaatkan. Pinjam modal ke koperasi atau Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

Cari pemasok bahan baku yang tepat

Lakukan kerjasama awal dengan beberapa pemasok bahan baku yang handal dan selanjutnya kamu dapat memilih pemasok mana yang terbaik sebagai rekan bisnis jangka panjang. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan pemasok bahan yang bagus dan dapat dipercaya.

Pilih lokasi strategis

Pastikan lokasi yang kamu pilih merupakan lokasi strategis yang gampang untuk diakses dan ramai. Pertimbangkan pula persaingan bisnis serupa di lokasi yang telah kamu pilih.

Ketahui target pasar kamu

Pasar merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Tentukan target secara spesifik maka akan mempermudah kamu untuk fokus dalam menggaet konsumen awal yang akan menjadi bahan promosi kamu. Dengan mengetahui target pasar maka kamu dapat menentukan kuliner yang tepat dengan selera pasaran kamu serta harga yang dapat dijangkau.

Konsep bisnis kuliner yang menarik

Untuk menambah daya tarik konsumen maka kamu harus memiliki konsep bisnis kuliner yang unik. Jika tidak memilikinya, Anda tidak akan bisa bertahan dalam persaingan. Pilih menu yang belum banyak dijual orang untuk mengurangi tingkat persaingan. Namun sebelumnya, sesuaikan juga dengan target pasar dan konsumen.

Promosi yang tepat

Susun strategi pemasaran yang tepat. Promosi dari mulut ke mulut memang paling tepat digunakan untuk memasarkan bisnis kuliner. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, tak ada salahnya untuk mengandalkan teknologi dalam memasarkan bisnismu. Kamu bisa mencoba untuk memberikan harga diskon bagi mereka yang menyebarkan informasi seputar usahamu di media sosial. Manfaatkan pula akun sosial media seperti instagram untuk promosi bisnis kulinermu.

Setelah melihat 6 tips bisnis kuliner untuk pemula di atas, apakah kamu sudah membayangkan seperti apa model bisnis mu?


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *